cover
Contact Name
Nizaruddin
Contact Email
jp3@upgris.ac.id
Phone
+6224-8455461
Journal Mail Official
jp3@upgris.ac.id
Editorial Address
LPP Universitas PGRI Semarang, Jl. Lingga No. 8 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
ISSN : 24773387     EISSN : 25976516     DOI : -
Core Subject : Education,
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali setahun bulan November dan Mei, berisi tulisan ilmiah hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)" : 12 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI B SD NEGERI KARANGMALANG 01 KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 Ika Nisa Aentika
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7323

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Pencapaian hasil belajar memuat ranah kognitif, dan psikomotor. Model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang diakui pendidik pada pembelajaran tematik abad ke-21 dimana pembelajaran berpusat pada siswa (Student Center), dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas VI SD, tema 5 subtema 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus 1 ke siklus 2 menggunakan model Project Based LearningKata Kunci: tematik, project based learning, hasil belajar
Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Daring Zoom Meet dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Gangguan Pada Organ Peredaran Darah Manusia di kelas 5 tema 4 SDN Pengkol 2 Sragen Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Dewi Darul Istikomah
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7337

Abstract

Latar belakang penelitian adalah adanya masalah yang dihadapi guru: (1)Rendahnya hasil belajar siswa dalam Tema 4 Sehat itu Penting, (2) siswa kurang aktif. Penyebabnya adalah Penggunaan metode/model pembelajaran yang kurang tepat. Rumusan Permasalahannya adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan zoom meeting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 4 Subtema 2 Kelas V SD Negeri Pengkol 2? Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri Pengkol 2 yang berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 4 perempuan. Data hasil belajar pada siswa Kelas V diperoleh melalui Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan, lembar observasi. Hasil penelitian dapat dilihat dari peningkatan yang signifikan dari kondisi siklus I, siklus II, siklus III. Hasil siklus I yang mencapai KKM sebanyak 36, 36% dengan rata-rata kelas 63,64 , siklus II KKM mencapai 90% dengan rata-rata kelas 90,90 dan siklus III KKM 100% dengan nilai rata-rata 94,55. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Pengkol 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen
Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Berbantu Media Powerpoint Melalui Zoom Kelas 5 SD Negeri Tlogorejo 2 Guntur Demak 2020-2021 Dewi Ratnawati
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7284

Abstract

This research was motivated by the lack of understanding of students during online learning. The purpose of this study was to improve the understanding of students in grade 5 SD Negeri Tlogorejo 2 Guntur Demak through zoom assisted by powerpoint media. This research was conducted in November 2020, at SD Negeri Tlogorejo 2 Guntur Demak. This type of research is a Classroom Action Research with three cycles consisting of one meeting in one cycle. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. Data collection techniques and tools in this study used descriptive analysis techniques for data in the form of documents of students' work, lists of values and observation sheets. The results showed that assisted by powerpoint media through zooming the learning outcomes of students increased, namely in the first cycle there were 3 students who achieved mastery learning or 30%. In the second cycle there was an increase to 7 students who completed or 70%. Whereas in cycle III there were 8 students completing or 80% an increase of 50%. From the learning results of these students, it can be concluded that through zoom assisted by powerpoint can improve students' understanding.Keywords: understanding, powerpoint, PTK
Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Kristina Dewi Martani
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7296

Abstract

 Kristina Dewi Martani 20032302710117, Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Kelas 4 SDN Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerita belum mendapatkan hasil yang optimal di Sekolah Dasar Negeri Bagusan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media berupa digital book Anyflip dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita   Variabel yang menjadi sasaran perubahan adalah hasil belajar siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah media digital book Anyflip.Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia setelah dilaksanakan tindakan kelas dengan penerapan digital book Anyflip dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 25%. Pada siklus I persentase siswa yang mencapai KKM 36%. Pada siklus II persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 72 %.Pada siklus III persentase siswa yang mencapai KKM 100% tuntas.Kata Kunci : penelitian tindakan kelas, digital book anyflip, unsur intrinsik cerita, hasil belajar.
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Tema 4 Sub tema 2 melalui Pembelajaran Zoom dengan Menggunakan Media Power Point Sekolah Dasar Negeri 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021 Ika Kurniati; Harto Nuroso
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7355

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai pembelajaran tema 4 sub tema 2, di masa pandemi covid 19 ini memaksa pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran yang dilakukan pada awalnya menggunakan media whatapps grup (WAG) untuk menyampaikan segela pembelajaran yang dilakuan oleh guru,tetapi hasinya belum atau masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan zoom dan media power point pada peserta didik kelas I SD Negeri 01 Lambur Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan padabulan November 2020, bertempat di SD Negeri 01 Lambur. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan zoomn media power point dapat menjadikan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 3 siswa atau 42,86 %, nilai tidak tuntas pada siklus 1 adalah 4 siswa atau 57,14 %, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 6 siswa atau 85,71 % terjadi peningkatan 42,85 %. Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan zoom dan media power ponit dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran zoom, power point
Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Anggota Keluarga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas I SDI Alfattah Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 Nurul Alimah
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7299

Abstract

Nurul Alimah 20036102710124, Application of Animated Video Learning Media to Improve Skills to Introduce Family Members in Learning Indonesian to Class I Students of SDI Al Fattah Surakarta. This research is a classroom action research which aims to determine whether the use of animated video learning media can improve the skills to introduce family members in Indonesian language learning to the students of Class IB SDI Al Fattah Surakarta. The change target variable is the result of students' skills, while the action variable is the animated video media. The classroom action research consisted of three cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely: planning, implementing actions, observing, and reflecting. The research subjects were 20 students of class 1B. Data collection techniques using tests, observation, and documentation. The data analysis technique used a qualitative analysis model. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an increase in the skills to introduce family members in Indonesian language learning after implementing class actions with the application of animated video media. This can be shown by increasing the skills of students from cycle I to cycle III. In the first cycle the percentage reached 65% KKM. In the second cycle the percentage of achieving KKM was 85%. In the third cycle the percentage reached 95% KKM.  Keywords: classroom action research, video animation media, skills, introducing family members
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Daring Pada Tema Globalisasi Melalui Media Belajar Berbasis Game Edukasi Quizizz Siswa Kelas VI SD Negeri Kesongo 01 Kabupaten Semarang Alfera Bekti Susanti
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Kesongo 01 sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdisi dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajaran dilakukan secara terpisah atau siswa berada dirumah masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 51,36 dengan katagori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 93,45 dengan katagori tinggi. Jadi dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 42,09. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa media belajar berbasis game edukasi quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring pada tema Globalisasi.Kata Kunci: Hasil  Belajar, Pembelajaran Daring, Game Edukasi This study aims to determine the increase in learning outcomes in online learning through quizizz educational game media. This research is a classroom action research with 22 students of grade VI SD Negeri Kesongo 01 as subjects. This research was conducted in 2 cycles, each cycle 1 meeting. Each meeting consists of 4 stages, namely planning, implementing, observing and reflecting. The implementation of the stages of research is slightly different from classroom learning because learning is carried out separately or students are at home. Based on the results of the study, in the first cycle the average value of student learning outcomes was 51.36 with a sufficient category. Whereas in the second cycle the average value of student learning outcomes was 93.45 with a high category. So from cycle I and cycle II there was an increase in student learning outcomes as much as 42.09. Thus the study can be concluded that learning media based on educational games quizizz can improve student learning outcomes in online learning on the theme of globalization. Keywords: Learning Outcomes, Online Learning, Education Game
Pemanfaatan LKPD Berbantu Aplikasi Google Dokumen Untuk Meningkatkan Kerjasama Pada Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas 5 SD N 3 Wadas Tahun Pelajaran 2020/2021 Moch Gozali
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7316

Abstract

Pada masa pandemi virus covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Demi memutus rantai penyebaran virus maka peserta didik menjalani aktivitas pembelajaran secara individu dari rumah masing-masing. Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang peneliti lakukan adalah untuk menentukan cara yang efektif dalam meningkatkan kerjasama dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V di SD Negeri 3 Wadas Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal dengan subjek penelitian adalah 6 siswa yang terdiri dari 3 putra dan 3 putri. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila dalam kelas 85% atau lebih dari jumlah siswa memperoleh nilain rata-rata 85 dan rata-rata aktivitas siswa adalah 75% atau lebih dari jumlah siswa dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui nilai kerjasama mengerjakan LKPD peserta didik  rata-rata pada siklus I yaitu 80,1 dan siklus II yaitu 91,1. Sedangkan nilai kerjasama mengerjakan LKPD  pada siklus III sebsar 95. Jadi prosentase yang terjadi dari siklus I, II, III mengalami kenaikan yang signifikan sehingga dapat diartikan bahwa pemanfaatan LKPD berbantu aplikasi google dokumen dapat meningkatkan kerjasama dalam pembelajaran daring.Kata Kunci: LKPD, Aplikasi Google Dokumen, Kerjasama Pembelajaran Daring
Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV Menggunakan Google Classroom Hendro Utomo
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7361

Abstract

Penelitian ini adalah gagasan ilmiah yang berupaya mencari pemecahan masalah literasi pada siswa Kelas 4 di SD Bukit Aksara. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menumbuhkan semangat literasi sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut melalui kegiatan mengerjakan soal tematik. Fokus utama kegiatan literasi yang dituju dalam penelitian ini adalah literasi daring atau pemanfaatan sumber- sumber bahan bacaan baik itu handout, LKPD, media, dan sumber bacaan lainnya yang tersedia melalui daring dengan menggunakan aplikasi google classroom. Google classroom merupakan aplikasi pembelajaran virtual yang dikeluarkan oleh Google. Kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini menjadi dasar pemikiran penulis untuk mengembangkan kegiatan literasi pada siswa menggunakan aplikasi ini. Beberapa keunggulan aplikasi ini diantaranya sebagai berikut. Pertama, kemudahan untuk mengakses aplikasi, yaitu melalui gawai atau telepon pintar yang dimiliki siswa. Kedua, aplikasi ini memungkinkan guru untuk mengirim tugas baca atau bahan literasi kepada seluruh siswa secara cepat dalam satu kali klik. Ketiga, guru dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai diskusi literasi dengan siswa secara bersamaan sehingga guru dapat memantau aktivitas literasi siswa. Keempat, melalui google classroom siswa dapat menginstruksikan, menetapkan, dan membicarakan dengan siswa secara daring diwaktu yang sama secara bersamaan (kelas virtual).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 KELAS V SD NEGERI 2 KALIRANCANG TAHUN AJARAN 2020/2021 Kunni Khasanah
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) Vol 6, No 1 (2020): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp3.v6i1.7315

Abstract

ABSTRAK KUNNI KHASANAH, Media Powerpoint dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 Peserta didik Kelas V SD Negeri 2 Kalirancang. Semarang: Program Studi Pendidikan Profesi Guru Pasca Sarjana Universitas PGRI Semarang, 2020. Latar belakang masalah penelitian ini adalah peserta didik tampak masih kurang  bersemangat dan kurang berminat terhadap pembelajaran. Hal ini terlihat dari sikap peserta didik ketika berada di dalam kelas. Banyak peserta didik terlihat diam tanpa merespon pembelajaran yang sedang berlangsung serta masih banyak peserta didik yang terlihat tidak fokus pada materi pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran berlangsung banyak dijumpai peserta didik yang masih bicara sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methode), yaitu mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan analisis data untuk menghitung ada peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif yang dicapai peserta didik pada tiap siklus. Populasi dari penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kalirancang Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan perubahan tindakan yang dilakukan dalam penerapan media powerpoint, peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif yang dicapai peserta didik.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Powerpoint dan Hasil Belajar ABSTRACT KUNNI KHASANAH, Powerpoint Media in Improving Learning Outcomes in Learning Theme 4 Sub-theme 2 Learning 2 Class V Students of SD Negeri 2 Kalirancang. Semarang: Postgraduate Teacher Professional Education Study Program PGRI University Semarang, 2020. The background to the problem of this research is that students seem to be less enthusiastic and less interested in learning. This can be seen from the attitude of students when they are in class. Many students look silent without responding to ongoing learning and there are still many students who do not seem to focus on learning material. During the learning process, there were many students who were still talking to themselves. This research is a mixed method, which combines qualitative and quantitative research. The results of research data analysis using data analysis to calculate the average increase in cognitive learning outcomes achieved by students in each cycle. The population of this study were all students in grade V SD Negeri 2 Kalirancang for the academic year 2020/2021 which consisted of 28 students. The results showed changes in actions taken in the application of powerpoint media, an increase in the average cognitive learning outcomes achieved by students.Keywords: Learning Media, Powerpoint Media and Learning Outcomes

Page 1 of 2 | Total Record : 12